Cara Menggunakan Microsoft Outlook 2007
Panduan
Menggunakan Microsoft Outlook
- Membaca
Email
Untuk
membaca email yang masuk, pilih email yang akan dibaca dengan melakukan dobel
klik. Untuk mengetahui email yang belum dibaca nampak ikon amplop yang belum
dibuka.
- Membuat/mengirim
email
2.1
Untuk mengirim email baru bisa digunakan berbagai cara:
- pada toolbar klik dua kali
ikon yang bergambar amplop, atau
- klik fileànewàmail message, atau
- langsung ctrl+N
2.2 Ada 3 jenis tujuan pengiriman yaitu : To, Cc dan Bcc.
Deskripsinya sbb:
• To: tujuan standar pengalamatan
pesan.
• Cc:
singkatan dari Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan kepada
seseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain, cantumkan alamat emailnya pada kolom Cc selain pada
kolom To.
• Bcc: singkatan dari Blind Carbon Copy. Jika Anda ingin
mengirim pesan pada 2 orang, pada koIom To dan pada kolom Bcc, keduanya akan
menerima email tetapi penerima yang ada di kolom To tidak akan mengetahui (blind)
bahwa email juga dikirim kepihak ke 2 (Bcc).
2.3 jika email
yang dibuat melampirkan file atau attachment, klik ikon bergambar paper clip
atau klik insertàfile
2.4
untuk menentukan akan kemana pesan yang dikirim, ikuti:
1. Klik tombol pengalamatan (addressing)
(To, Cc, or Bcc).
2. Alamat yang dituju, pada toolbar dobel
klik ikon address book.
3. pilih nama kontak
yang akan dikirimi email dan tempatkan nama pada pilihan to, cc atau bcc.
4. Klik tombol OK. Anda
akan kembali ke menu pesan/New Mail Message dengan alamat email yang
telah dipilih tadi.
5. Masukkan text pada halaman isian pesan.
6. Setelah selesai mengetik pesan klik tombol Send, dan pesan
akan segera dikirim..
2.5
Menggunakan message rule
Message Rule berguna untuk mengatur email agar dapat diterima sesuai
dengan aturan yang diinginkan. Juga berguna untuk mengelompokkan email pada
folder tertentu maupun untuk memblok email yang tidak kita inginkan ( iklan, spam,
pornografi, dsb).
Untuk mensetting Message
Rule lakukan langkah berikut :
1. Pada
folder Inbox klik menu Tools
2. Klik “Rules
and Alerts”
3. Klik
tombol New
4. Pilih aturan sesuai
keinginan (contoh “check message when they arrive” ), akan memeriksa
Email begitu tiba.
5. Klik Next
6. Pilih lagi sesuai
aturan yang diinginkan ( contoh “with specific word in the sender’saddress” ), akan memeriksa
kata-kata khusus pada alamat pengirim.
7. Klik
kalimat “specific word” yang digaris bawah.
8. Isi sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis: Andi)
9. Klik Next kemudian
pilih “move it to the specified folder” (akan memindahkan email ke folder tertentu)
10. Klik specified,
akan muncul window folder daripada Outlook
11.
Pilih folder yang anda inginkan pada “Inbox” ( sub folder).
12. Klik Next –
kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi
13. Klik Finish
1. Pada folder Inbox
klik Tools
2. Klik “Rules and
Alerts”
3.
Klik tombol New
4. Pilih aturan sesuai keinginan
(contoh “check message when they arrive” ), akan memeriksa email begitu
tiba.
5. Klik Next
6. Pilih with “specific
word in the body” ( akan mencek kata-kata yang ada pada isi pesan)
7. Kemudian
ketik/tambahkan kata-kata apa saja yang ingin Anda sensor/blok.
8. Klik Next kemudian
pilih/cek “Delete it” ( akan langsung menghapus pesan bila tiba )
9. Klik Next –
kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi.
10. Klik Finish
Catatan: Option yang ada pada massage
rule dapat dipilih sesuai dengan aturan yang kita inginkan pada email yang
dikirim maupun yang diterima.
2.6 Menggunakan Group
Anda dapat mengirim
email ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa alamat email. Hal
ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyak alamat sekaligus dalam
satu Group daripada menuliskan alamat email satu-persatu. Untuk membuat Group
akan dibahas pada bab selanjutnya.
Untuk mengirim ke Group
lakukan langkah berikut :
1. Klik “To” pada
pengiriman email. Akan muncul menu Address Book.
2. Pada kolom “Show
Names from the : “ pilih kontak/group yang akan dikirimi email.
3. Klik
Ok dan Send
2.7
Mengirim Attachments ( file lampiran)
Jika Anda ingin
menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, seperti dokumen atau spreadsheet,lakukan
langkah berikut:
1. Buat pesan baru beserta elamat emailnya.
2. Setelah selesai
mengetik pesan tekan tombol Insert pada toolbar.
3. Klik File.
4. Cari file yang ingin
anda sertakan.
5. Dobel klik pada file
yang akan disertakan
Catatan: Icon Attach File (gambar paperclip)
merupakan jalan singkat untuk menyertakan file:
2.8 Membalas/reply pesan
Ketika menerima dan
telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan Anda ingin langsung membalas
pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal tersebut lakukan langkah
berikut :
Standard Reply
1.
Pada folder Inbox dobel
klik email yang ingin Anda balas.
2.
Klik tombol Reply
.
3. Alamat pengirim akan
otomatis tercantum pada bagian To:
4. Ketik pesan anda pada
body pesan.
5. Klik Send.
Reply To All
Fungsi reply to all akan
membalas pesan kepada semua penerima pesan yang dituju oleh pengirim pertama.
Untuk melakukan ini :
1. Klik tombol reply
to all.
2. Semua penerima akan
tercantum di bagian To : dan semua alamat bagian Cc akan tercantum pada
bagian Cc.
3. Ketik pesan anda pada
body pesan.
4. Klik tombol send.
2.8 Out Of Office
Assistant
Ms Outlook menyediakan
fasilitas autoreply, dimana Outlook akan otomatis membalas email yang
datang. Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidak ditempat, Anda bisa
otomatis mengirim reply pesan ke orang yang mengirim Anda pesan, sehingga orang
itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yang telah dia kirim. Hal ini
kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yang disebut “Out Of
Office Assistant “.
Untuk melakukannya
lakukan langkah berikut :
1. Klick Tools pada
toolbar.
2. Klik Out Of
Office Assistant.
3. Jendela Out Of
Office Assistant akan muncul. Klik radio button disebelah "I am
currently out of the office" dan ketik pesan yang ingin Anda sampaikan
pada kotak yang tersedia.
2.
pada
kotak Rules and AlertsàNew Rule
3.
di bawah Start from a blank rule, klik Check
messages when they arrive, dan kemudianà click Next
4. di bawah Which
condition(s) do you want to check?, pilih
sent only to me centang dan pilih berbagai kriteria yang Anda
inginkan àNext
5.
jika kotak yang menginformasikan peraturan akan
diterima untuk tiap pesan ynag diterimaà Yes.
6.
Di bawah What do you want to do with the
message?, pilih reply using a specific template, centang
7.
dibawah langkah 2: Edit deskripsi, klik a
specific template
8.
pada kotak Select a Reply Template, pada
kotak Look In box, klik User Templates in File System
9.
pilih
templateà Open
10. klik Next.
11.
Bisa dipilih kotak untuk untuk aturan auto reply
12. klik Next.
13. Dibawah langkah 1:
Specify a name for this rule, ketik nama auto-reply ruleà Finish.
2.10 Pemakaian Signature
Kita juga dapat menyertakan “signature”
atau tanda tangan elektronik, biasanya ditempatkan pada bagian bawah email
kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya sehingga sewaktu mengirim
email tidak perlu dilakukan berulang-ulang tetapi secara otomatis akan tertera
pada bagian bawah email kita. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut:
1. Pada
Outlook klik menu Tools
2. Pilih
Options
3. Pilih Mail
Format
4. Kemudian klik tombol “Signature
Picker” akan muncul window untuk mengedit “signature”
5. Pilih New
– masukkan nama untuk “signature”
Anda.
6. Klik Next
– Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga Anda bisa
memilih warna dan bentuk dari font.
7. Klik Finish
Catatan: Signature biasanya berisi jabatan dan alamat pengirim
e-mail, sehingga penerima dapat mengenal identitas pengirim.
3.
PENGELOLAAN PERSONAL ADDRESS BOOK/ALAMAT EMAIL
Microsoft outook menyediakan
fasilitas untuk menyimpan daftar nama kontak beserta keterangan-keterangannya.
3.1 membuat data alamat
kontak
Untuk membuatnya ikuti
langkah berikut:
1. pada toolbar, klik ikon
yang bergambar address book,
2.
klik fileànew entryàpilih new contactàOK
3.
isi data kontak
4.
jika sudah selesai, klik save and close
3.2 membuat alamat
group. Di microsoft outlook bisa mengelompokkan alamat email atau data kontakan
dalam suatu grup. Sehingga untuk mengirim email untuk ke suatu grup/kelompok
orang tidak perlu mencari alamat kontak satu-satu. Untuk membuat grup caranya:
1. Buka menu “ Address
Book”
2. Klik File – pilih “New Entry”
3. Pilih “New Distribution List “ klik Ok
4. Tulis nama dari Group pada kolom yang tersedia (
mis : Astronomi 2005 )
5. Kemudian Klik tombol “Select
Member” untuk memilih siapa saja yang masuk dalam Group
ini.
6. Pilih siapa saja dengan mengklik 2 kali pada
nama atau mengklik tombol “Add”
7. Klik Ok
8. Kemudian klik “Save
and Close”
4.
KALENDER KERJA DI OUTLOOK
Selain
untuk pengelolaan email, Outlook juga mempunyai fasilitas lain dalam
pengelolaan jadwal aktifitas kita disebut “ Calendar”.
Sama seperti Kalender biasa, Calendar pada Outlook juga berisi tanggal, bulan dan tahun ditambah dengan jamnya.
Kelebihan pada Outlook ini, Calendar dapat diisi, diedit dan ditambahkan informasi sesuai
dengan kegiatan kita dan memberikan warn/peringatan pada kita
apabila waktunya tiba.
Untuk pengelolaan Calendar, lakukan
langkah berikut :
1.Pada bagian “Folder
List”
klik “Calender” , maka akan muncul
2. Kemudian pilih
tanggal yang
ada pada kalender ( sebelah kanan ), akan muncul jam dibagian tengah berwarna
kuning ( kuning gelap menandakan waktu yang telah lewat).
3. Klik File, kemudian pilih New, kemudian pilih Appointment
(
bisa dilakukan singkat dengan dobel klik pada jam yang diinginkan) akan muncul
menu untuk Appointment.
4. Isilah kotak subject rapat/kerja, lokasi dan
waktu sebagi isian minimal. Apabila diperlukan isilah lebih lengkap lagi
seluruh fasilitas yang ada.
5. Kemudian Save & Close, Ini adalah
langkah yang penting, sebab apabila tidak dilaksanakan maka data rencana
kerja/rapat anda akan hilang dan tidak tersimpan dalam komputer. Lakukan
berulang sesuai kebutuhan
5.
SETTING OUTLOOK
Untuk setting akun email di
microsoft outlook yang penulis coba untuk akun email Yahoo dan Gmail di
internet rumah. Sedangkan akun email students di kampus, semuanya berhasil
dilakukan. Tapi untuk email yahoo dengan domain .com tidak gratis, untuk email Yahoo yang tidak memerlukan biaya
harus menggunakan email Yahoo dengan domain selain .com misalnya yang penulis coba yaitu .co.id.
Kendala yang penulis temui ketika
setting akun email selain students di kampus adalah tidak bisa mengirim email,
namun untuk email students bisa dilakukan pengiriman dan penerimaan email. Hal
ini terjadi karena internet kampus dibatasi oleh firewall.
Oke, kita mulai untuk setting akun
email di Microsoft Outlook 2003.
A.
Yahoo!
Sebuah F R E E software ( YPOPs! ) yang dapat menarik isi email Yahoo!
(misal: .com, .uk, or .id) ke dalam sebuah e-mail client yang dalam tulisan ini
menggunakan MS Outlook 2003. Untuk setting e-mail client yang lain dapat
dilihat pada bagian ‘Configuring Mail Clients‘ website diatas. Setelah Anda
meng-unduh YPOPs!, langkah selanjutnya adalah menginstalkannya ke dalam
komputer, dengan step NEXT - NEXT (tidak
usah melakukan setting apa-apa terlebih dahulu). Setelah YPOPs!
terinstall maka akan terdapat icon tray yang menandakan bahwa YPOPs! aktif dan
siap untuk meng-unduh file-file e-mail Yahoo! Anda. Untuk anda yang menggunakan
PROXY Server Anda harus menset bagian ‘Proxies’ dengan cara meng-klik kanan
icon tray YPOPs! ‘Configure’, isikan sesuai dengan konfigurasi PROXY Server
anda.
Setting MS
Outlook 2003 :
1. Pilih
option ‘Tools’ à ‘Email Accounts’
2. Pada
pilihan radio button, pilih ‘Add new e-mail account’ à Next
3. Pilih
opsi radio button ‘POP3′
à Next
4. Pada
bagian ‘User Information’ isikan Nama yang sesuai dengan Yahoo! mail account
dan e-mail address Yahoo!
5. Pada
bagian ‘Bagian Server Information’ isikan : ‘Incoming mail server (POP3) dengan
‘127.0.0.1′, dan isikan
juga Outgoing mail server dengan ‘127.0.0.1′
6. Pada
bagian ‘Logon Information’ isikan ‘User Name’ dengan id Yahoo! (misal: iah_fi),
dan password e-mail Yahoo!
7. Lalu klik
tombol ‘More settings’
8. Pada tab
‘Advance’ besarkan ‘Server Timeouts’ sampai dengan 10 minutes
9. Pada tab
‘Outgoing Server’ berikan tanda centang ‘My outgoing server (SMTP) requires
authentification’, dan pilih radio button ‘Use same settings as my incoming
mail server’ à klik OK
10. Tes
account setting dengan mengklik tombol ‘Test Account Settings’, apabila semua
status ‘Completed’ maka Anda sudah dapat meng-unduh semua file yang ada di
Yahoo! e-mail
11. Klik
tombol Finish
catatan
: YPOPs! akan menarik semua e-mail yang ada pada Yahoo! mail Anda, sehingga
ketika Anda login melalui browser/online check mail (mail.yahoo.com), semua e-mail akan otomatis hilang dan pindah ke
dalam komputer.
B.
Gmail
Langkah-langkah
untuk setting Gmail di Microsoft Outlook:
- Masuk
ke http://www.mail.google.com dan login seperti biasa
- Setelah
webmail google muncul, lihat
pojok kanan atas, ada menu Setting. Klik Setting.
- Akan keluar menu Mail Setting
(box warna orange), Klik “Forwarding
and POP“
- Akan muncul submenu : Forwarding dan POP Download
- Pada POP Download - :
- Pop Status, pilih “Enable POP for all mail”
- when messages are accessed
with POP, pilih
“keep gmail’s
copy in the box”, agar email di webmail tetap ada dan
bisa di akses
- Tekan tombol Save changes.
- Setting enable POP selesai,
langkah terakhir adalah mensetup Outlook kita
- Dowload program Gmail
Configuration untuk seting Outloook anda.
- Setelah selesai Download, run
programnya (pastikan
Outlook anda di close dulu)
- Setelah selesai, buka Outlook
anda, maka akan ada pesan bahwa ada setting account baru.
- Selesai
C.
Students.
Untuk
setting outlook di akun email students bisa dilakukan langkah-langkah berikut:
1. buka Toolsàemail accountsàadd a new email accountànext
2. pilih server type POP3ànext
3. isi nama, alamat email, password
4. untuk incoming mail server isi
dengan: pop.students.itb.ac.id
5. untuk outgoing mail server isi
dengan: smtp.students.itb.ac.id
6. lakukan test account settings, jika
semuanya sudah komplet lakukan akun email tersebut sudah bisa digunakanànext
7. finish
SELAMAT
MENCOBA ^-^
Komentar
Posting Komentar