Cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy

Ada banyak cara untuk memaksimalkan koneksi internet anda, jika anda pakai speedy, cara yang paling mudah adalah dengan menambah paket speedy anda menjadi  1Mbps , 2Mbps atau 3Mbps ..  Tentu juga menambah biaya pengeluaran anda perbulannya. Namun taukah anda bahwa paket  1Mbps pada speedy bukanlah koneksi yang digunakan di laptop atau pc anda. Paket  1Mbps tersebut akan di bagi 8 menjadi 128KBps..  Artinya satuan “b”( huruf kecil yang artinya byte) berbeda dengan “B” (huruf besar yang artinya Bit). Dimana koneksi yang digunakan di laptop atau pc kita satuannya adalah Bit.

Diketahui 8 byte = 1 bit
Maka Perhitungannya:
Paket 512Kbps / 8  =  64KBps (satuan bit)
Paket 1Mbps  =  1024Kbps / 8  =  128KBps (satuan bit)
Paket 2Mbps  =  2048Kbps / 8  =  256KBps (satuan bit)
Paket 3Mbps  =  3072Kbps / 8  =  384KBps (satuan bit)
Paket 4Mbps  =  4096Kbps / 8  =  512KBps (satuan bit)
Sayapun baru tahu setelah mendaftar langganan speedy. ” Wah ngapusi ini.. nipu ini..” Padahal saya yang kurang cermat. Namun apa daya bila semua telah terlanjur, mau ningkatin paket  tapi kebutuhan perbulan mepet, mana bbm naik, harga-harga pun mahal.. Walaupun begitu gak bisa juga ninggalin dunia internet yang penuh Informasi.. Ngirim tugas, bloging, ngetwitt, baca koran, diktat pdf, gaming, recording, music, streaming, youtube, hingga instal android pun bisa di laptop atau pc kita, gak perlu beli paket lagi kan wkwk.. Bayangin jika semua gak ada, mungkin saya cuma ngorok di rumah kesana kesini cari informasi ribet ah.. Perlu anda ketahui koneksi saya pakai pure 64KBps dan mengkoneksikan semua itu tanpa halangan asalkan menjalankannya satu-satu.. hehe.. Dan biaya yang saya keluarkan 1 bulan hanya 100rb.. mahalkah??. Yaudah usaha terakhir yang bisa saya perbuat adalah memaksimalkan koneksi yang ada, selagi gak ada alasan kuat untuk meningkatkan paket koneksi..

Disini ada beberapa cara untuk memaksimalkan koneksi internet anda diantaranya adalah:
CARA PERTAMA :
Adalah yang paling sering di gunakan oleh pengguna internet yang lain adalah mengganti DNS pada koneksi komputer kita, searching aja di google pengetian dns itu apa karna saya masih awam untuk memperdalamnya namun dalam pengertian saya sendiri DNS adalah satpam dalam dunia internet . Tungasnya adalah menyeleksi siapa yang boleh masuk dalam suatu jaringan. Bayangkan bila ada seorang satpam rese yang terus menggeledah kita, pastilah itu akan menghambat kita masuk ke suatu tempat bukan?
Setelah mengganti DNS efek yang saya rasakan jelas terasa.. Lebih maksimal dan lebih stabil dan juga bisa membuka situs-situs yang di blokir oleh DNS Indonesia (hehehe)..  Caranya kita bisa mengaplikasikan DNS dari yang paling sering di gunakan oleh pengguna internet yang lain adalah DNS dari google yaitu 8.8.8.8 dan alternatifnya  8.8.4.4 bisa juga DNS dari OpenID yaitu 208.67.222.222 dan alternatifnya  208.67.222.220. Namun dari riset saya dns dari OpenID lebih stabil dari pada dns Google..  Pilihannya tergantung pada anda.. Anda juga bisa mencari dns tercepat lewat aplikasi “namebench”.
Langkah mengganti DNS seperti di gambar berikut:



CARA KEDUA : 
> buka windows explorer
> klik kanan pada gambar computer
> klik manage
> klik device manager
> pilih port > klik kanan pada communication port > properties
> pada tab port settings ubah Bits per second menjadi 128000 dan ubah flow control menjadi Hardware. 
> ubah di semua port yang kita gunakan sebagai koneksi internet.
seperti gambar berikut :



CARA KETIGA:
Ketik coding ini di notepad dan simpan sebagai .Reg dan kemudian jalankan file tersebut. Ini akan meningkatkan kecepatan internet anda ketika surfing dan mempercepat kecepatan download.
REGEDIT4
[HKEY_LOCAL_ MACHINE\SYSTEM\ CurrentContro
lSet\Servic es\Tcpip\Parameters ]
“SackOpts”=dword: 00000001
“TcpWindowSize” =dword:0005ae4c
“Tcp1323Opts” =dword:00000003
“DefaultTTL” =dword:00000040
“EnablePMTUBHDetect “=dword:00000000
“EnablePMTUDiscover y”=dword: 00000001
“GlobalMaxTcpWindow Size”=dword: 0005ae4c
lalu save dengan format .reg lalu double klik yang sudah kalian buat tadi. 

CARA KEEMPAT:
Mengubah Jendela cadangan bandwith 20% menjadi 0%, maksudnya adalah bahwa internet yang kita gunakan tidaklah 100% terpakai namun dicadangkan 20%. Jadi kita akan maksimalkan koneksi internet kita dengan cara:
a) Klik Start
b) Jalankan: "gpedit. msc "
c) pergi ke : > Local Computer Policy
                   > Computer Configuration
                   > Administrative Templates
                   > Network-> QOS Packet Scheduler
                   > Limit Reservable Bandwidth
d) Klik dua kali pada bandwidth Limit Reservable
e) Pilih Enable
f) Perubahan 20% menjadi 0%

g) Klik Apply
Setelah semua cara-cara diatas  selesai, ada baiknya restart komputer kalian.



CARA KELIMA:
> Dengan menginstal software downloader seperti IDM, FDM atau FlashGet. 
> Mengupdate driver komputer anda. Bisa dengan software driver agent atau iobit driver booster. Software tersebut akan otomatis menscan driver anda yang belum di update, seperti driver grafik, driver hardisk bahkan port yang kita ubah tadi. Atau kalian bisa menuju website www.mircosoft.com untuk recomendasi software pendukung windows anda.
> Mematikan service yang terus update seperti windows update. atau antivirus. Pertimbangkan lagi opsi ini. Namun bagi saya service seperti windows update sangat perlu dimatikan mengingat windows yang saya gunakan tidak asli. hehe caranya seperti gambar berikut:
Demikin cara Mempercepat Koneksi Internet Speedy versi lembarbelakang.. Mungkin bisa juga digunakan tips diatas untuk koneksi non dsl speedy.

Komentar

Postingan Populer